Foto Seminar

STAI Auliaurrasyidin – Tembilahan (27/11/12), Unit Pelaksana Teknis Penjamin Mutu menyelenggarakan workshop Metode penelitian kualitatif di Gedung Abdurrahman Siddik, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Workshop ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas basic knowledge dosen yang ada di lingkungan Kampus STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Worksop menghadirkan narasumber Riswan Effendi, Ph.D. Salah satu dosen UIN Sultan Syarif Qasim Pekanbaru yang telah mempublis 21 jurnal terindeks Scopus.

Ketua UPT-PM yang juga merangkap Ketua Panitia Workshop Bapak Erfendi S.Thi., M.A. menyampaikan tentang pentingnya pelaksanaan workshop kualitatif bagi wawasan dan produktifitas karya ilmiah di kampus STAI Auliaurrasyidin. Dalam keterangan singkatnya, “Pelaksanaan Workshop ini, diharapkan meningkatkan output tulisan ilmiah dosen-dosen di lingkungan Kampus STAI Auliaurrasyidin. Selain peningkatan kualitas tulisan, juga terdapat peningkatan kuantitas jumlah karya yang dipublikasikan. UPT-PM mendukung penuh semua aktivitas yang dapat menambah kinerja SDM dan mengharumkan nama baik STAI diranah lokal maupun nasional.” Ujarnya terpisah.

Salah satu peserta seminar menyatakan kepuasan mengikuti Workshop Penelitian Kualitatif UPT-PM. Bapak Dedy Yusuf Yudiarta S.E. M.Pd., sebagai salah seorang peserta menyampaikan sebagai berkut, “Kegiatan peningkatan wawasan dosen dan keilmuan untuk dosen harus terus menerus dilakukan. Hal ini mengingat dinamika pendidikan dan perubahan teknologi yang semakin cepat dan tajam. Dosen di kampus harus mampu menguasai konsep penelitian dengan handal. Karena meneliti adalah salah satu tugas utama seorang dosen.” Tutup beliau.

Kegiatan workshop Metode penelitian kualitatif berjalan sukses, karena dihadiri hampir seluruh dosen yang ada di lingkungan kampus STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Setiap dosen diwajibkan mengirim karya ilmiah berupa proposal penelitian kualitatif yang selanjutnya akan direview dan dikembangkan lebih lanjut, sehingga menjadi sebuah penelitian yang kompetitif. (HL)