WhatsApp Image 2023-08-24 at 16.09.34

STAI Auliaurrasyidin – Penyelenggaraan pendidikan tinggi harus dilaksanakan sesuai dengan Standar Dikti yang terdiri atas SN Dikti dan Standar Dikti yang Ditetapkan oleh Perguruan Tinggi. Ini dilakukan agar kualitas/ mutu Perguruan Tinggi (PT) tetap terjaga. Agar kualitas dan mutu tetap terjaga, perlu dilakukan penyamaan persepsi mutu di PT. STAI Auliaurrasyidin, Tembilahan sebagai salah satu PT juga menginginkan kualitas dan mutu kampus yang stabil dan berkelanjutan. Oleh karena itu, Ketua dan Wakil Ketua menganggap perlu dilakukan penyamaan persepsi mutu di lingkungan STAI Auliaurrasyidin Tembilahan melalui kegiatan Diseminasi hasil workshop dan seminar yang diikuti oleh dosen.

 

Diseminasi dilakukan pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh sebanyak 38 peserta, yang terdiri dari pihak Yayasan, Ketua Senat, Ketua dan para Wakil Ketua STAI Auliaurrasyidin, Kepala dan Sekretaris UPT, Ketua dan Sekretaris Prodi, dosen, dan karyawan. Pada kegiatan ini, dalam sambutannya, Syarifudin, S.Pd.I., M.Pd.I., sebagia Ketua STAI Auliaurrasyidin Tembilahan mengatakan, “mutu adalah ruhnya kampus, maka harus kita jaga agar kualitas perguruan tinggi kita tetap eksis di tengah masyarakat.”

 

Penyamaan persepsi mutu ini disampaikan oleh Nova Adi Kurniawan, M.Pd. selaku Sekretaris UPT Penjaminan Mutu. Ia dalam materinya menuturkan pentingnya penyamaan persepsi mutu di lingkungan STAI Auliaurrasyidin. Beliau menyebut, “Pelaksana Mutu adalah tanggung jawab semua pihak yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan pengembangan, sehingga semua perlu bekerja sama dan berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita perguruan tinggi.” ujarnya di hadapan dosen.

 

Beliau menambahkan, “PT dan Prodi perlu memiliki external benchmarking untuk mempelajari pelaksanaan mutu dari PT atau Prodi lain yang mutunya lebih baik”. Selain itu, PT juga perlu membangun citra (image branding) di website kampus agar masyarakat mengetahui kegiatan apa saja yang telah dilakukan oleh PT dan Prodi. Dengan kegiatan ini semua pihak berharap STAI Auliaurrasyidin lebih baik di kemudian hari yang dibuktikan dengan peringkat akreditasi yang lebih baik.